3.1. Uraian Umum Tentang Engine CFM56-3
Engine CFM56-3 merupakan mesin jet turbofan dengan kapasitas bypass yang besar, dual rotor yang digunakan dengan teknologi advance axial flow yang dirancang untuk digunakan pada pesawat terbang jenis BOEING 737 dan variannya. Engine CFM56-3 yang adalah produk dari CFM International dimana merupakan perusahaan gabungan antara General Electric Aircraft Engine (GE) Amerika dengan perusahaan SNECMA Perancis. Turbin gas seperti tampak pada “Gambar, merupakan suatu motor bakar yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu kompresor, ruang bakar, dan turbin. Salah satu penerapannya dapat digunakan untuk sistim propulsi yang berfungsi menghasilkan gaya dorong (thrust). Turbin gas yang digunakan untuk sistim propulsi salah satunya adalah tipe turbofan [3,4,5].
3.2 Komponen Utama Engine CFM56-3 Terdiri Dari :
1.difffuser
Diffuser adalah alat atau saluran-saluran yang berfungsi menaikan tekanan fluida dengan jalan menurunkan kecepatan atau dengan kata lain alat yang mengubah energy kinetic menjadi energy tekanan.
2. Compressor Section ( Kompresor )
Compressor adalah berfungsi untuk menghisap sejumlah udara yang cukup besar sesuai
dengan kebutuhan untuk proses pembakaran didalam ruang baker. Kompresor ini harus menaikkan tekanan dari masa udara dan kemudian diteruskan keruang pembakaran.
3. Combustion Chamber ( Ruang Bakar )
Combustion chamber ini berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembakaran antara udara yang bertekanan dari kompersor dan dicampur dengan bahan bakar , sehingga gas hasil pembakaran tersebut berekspansi untuk memutar turbine yang satu poros dengan kompresor.
4. Turbine Section ( Turbin ) .
Turbin adalah komponen yang mengubah energi kinetk gas buang menjadi energi
mekanik guna memutar kompresor dan perlengkapan lainya .
5.NOZZLE
NOZZLE adalah saluran yang berfungsi menaikan kecepatan fluida dengan jalan menurunkan tekanannya . atau NOZZLE adalah untuk mengekpansi fluida sehingga kecepatannya bertambah besar.
3.3. Prinsip Kerja Mesin Turbin Gas Tipe Turbofan.
Prinsip kerja turbofan adalah airflow(udara) masuk kedalam blade (low pressure compresor) atau kita sebut LPC dan dikompres kembali oleh blade yang lebih kecil ukurannya (high pressure compresor) atau kita sebut HPC,masuk ke ruang pembakaran (combustion chamber) dan diberi ignition sampai suhu atau temperatur tinggi baru lah disemprot oleh fuel. Karena terjadi pembakaran maka berubahlah energi kimia menjadi energi dorong. Energi dorong yang dihasilkan ini mendorong high pressure turbin (HPT) yang terhubung langsung dengan HPC sehingga HPC dapat berputar kembali. Energi dorong tersebut juga mendorong low pressure turbin (LPT) yang terhubung langsung dengan LPC. Dan sisa nya merupakan tenaga dorong pesawat. Jadi prinsip kerja turbofan dapat disederhanakan sebagai berikut :
DOWNLOAD |HERE
Tidak ada komentar:
Posting Komentar